Mercurius Top FM Kini Lahir Kembali Dalam Bentuk Radio Digital

MAKASSAR,FILALIN.COM, — The Radio Will Never Die! Ini mungkin yang ada dibenak sejumlah mantan penyiar radio Mercurius Top FM saat launching siaran radio digital lewat Mercurius Classic Makassar (MCM) Radio Streaming, Minggu (10/4).

 

Perkembangan pesat teknologi informasi tidak akan membuat siaran radio kehilangan eksistensinya. Dengan kekhasan yang dimiliki, radio tetap memiliki penggemar hingga saat ini ungkap Yosi Karyadi, salah satu penggagas lahirnya MCM Streaming Radio.

 

Sebagai stasiun radio ternama di Makassar era 80 hingga 2000an, masyarakat pendengar banyak yang mengaku rindu dengan suara penyiar dan lagu=lagu khas radio ini. Tidak hanya pendengar di Makassar, tetapi bagi mereka yang kini di luar Makassar bahkan berkarir di negara lain.

 

“Meski radio Mercurius Top FM sudah tak lagi menemani pendengar diranah siaran analog, masyarakat bisa lebih fleksibel mendengar Mercurius lewat hape dimanapun dan kapanpun. Termasuk bisa didengarkan di seluruh dunia” jelas Yosi.

 

Sifatnya yang auditif akan membangkitkan imajinasi di pikiran para pendengar. Hal ini tidak akan tergantikan dengan media visual. Demikian ungkap Muhammad Idris, Dosen Komunikasi UMI.

 

“Radio tidak akan pernah mati bila mampu beradaptasi di era digital. Kini yang perlu teman-teman lakukan adalah berkreasi di ruang multiplatform kekinian seperti podcast dan media sosial” pesan Idris yang juga mantan reporter dan host Mercurius Top FM era 2000an.

 

Andy Mangara, mantan penyiar Mercurius era 80 hingga 90an mengatakan kehadiran MCM Radio Streaming di tengah ekosistem digital, bukti radio juga tidak menunjukkan akan mati. Hal ini juga sekaligus menjadi tantangan bagi para pengelola untuk terus bertahan dan beradaptasi di dunia digital.

 

“Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, di antaranya adalah meracik konten yang kreatif,” ujar Andi yang kini menjadi Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Sulsel.

 

Untuk menikmati siaran digital MCM Streaming radio, Anda cukup join di https://radiostream.my.id/mercuriusclassic/index.html.

 

Selain Andy Mangara, Yosi Karyadi, Idris Muhammad, turut hadir di event launching MCM Radio Streaming diantaranya Imsan Muhaimin, Alvin Anggara, Neno Hakim, Diah Widiswara, Sandra Chaeriah dan Rubi Sudikio. (*)