Nasabah Aktif PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, Alami Peningkatan 16,53 Persen

Kepala Kantor Wilayah PT Pegadaian Wilayah VI Makassar,Edwin S. Inkiriwang saat memaparkan kinerja pedaian selama tahun 2024 dalam media gatering di exposeed cafe selasa (24/4/2024)

MAKASSAR,FILALIN. COM, — Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) VI Makassar menggelar media gathering di exposeed Cafe Jln A.P Pettarani, Makassar, Kamis (23/4/2024).

Di dalam keterangannya kepada media Kepala Kanwil Pegadaian Makassar Edwin S. Inkiriwang mengatakan capaian kinerja tahun ini terbilang tinggi, sehingga target akhir tahun sebesar Rp 9 Triliun, optimis bisa terealisasi.

Dimana PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) Makassar mencatatkan adanya peningkatan kinerja pada Triwulan pertama periode Januari- Maret 2023 sebesar 17,44 persen (yoy).

Peningkatan kinerja ini hasilkan outstanding loan sebesar Rp 8,31 Triliun atau meningkat 17,44 persen dari capai tahun lalu.

“Nasabah aktif 1.260.881 alami peningkatan 16,53 persen dari tahun lalu, kenapa naik karena emas. Target kami Rp 9 triliun tahun ini, masih ada Rp700 miliar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Edwin mengatakan outstanding loan ini besar kemungkinan akan kembali meningkat pada Triwulan II, periode April – Juni 2024.

“Kami optimis ini masih bulan maret, April akan meningkat sampai akhir tahun. Adanya petumbuhan kebutuhan masyarakat dan dipacunya harga emas. Hari ini saja sudah Rp 1,4 juta per gram,” jelasnya

PT Pegadaian Kanwil Makassar juga mencatatkan labar bersih saat ini sebesar Rp 273,06 Miliar dengan persentase peningkatan 0,25 persen.

”Tabungan emas juga meningkat 378.651 gram atau 0,25 persen. Sepertinya akan terus naik seiring tingginya harga emas saat ini,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Departemen Bisnis Support PT. Pegadaian Kanwil VI Makassar Gunawan memaparkan sejumlah program barunya. Program tersebut meliputi Gadai Express, Arrum Safar, dan Pinjaman Modal Produktif.

Ia mengutarakan, program Gadai Express merupakan layanan gadai secara online yang difasilitasi antar jemput barang jaminan. Hal ini agar memudahkan nasabah melakukan gadai dari rumah.

“Layanan ini dapat diakses melalui Pegadaian Digital Service”, ujarnya

Kemudian program Arrum Safar, lanjut Gunawan adalah produk penyaluran pinjaman untuk wisata rohani. Meliputi ibadah umrah dan atau wisata perjalanan halal lainnya.

“Program ini menggunakan pola angsuran berlandaskan prinsip-prinsip syariat Islam”, terang dia.

Ada pula program Gembita Ramadan dan Lebaran mendukung capaian kinerja PT Pegadaian Kanwil Makassar yakni dengan cashback yang beragam.

Pertama ada gadai BPKB apa saja mendapat cashback Rp 2 juta pada 4 Maret – 31 Mei.

Kemudian ada pinjaman Modal Usaha untuk UMKM dengan cashback bisa sampai Rp 400 ribu, Pinjaman usaha reguler cashback 1%, pinjaman usaha syariah Rp 10 juta dan gadai sertifikat dengan cashback Rp 4 juta.

Lalu, ada Naik Haji bisa mendapat cashback Rp 500 juta, Pembiayaan wisata cashback Rp 2 juta, cicil kendaraan Rp 10 juta. (*)