Gelar Aksi Donor Darah GMTD Berhasil Kumpulkan 100 Kantong Darah

MAKASSAR,FILALIN.COM, — PT Gowa Makassar Tourism Development, Tbk (GMTD) bersama PMI Kota Makassar kembali menggelar donor darah pada hari Rabu, 08 Mei 2024 bertempat di Main Hall Mall GTC.

Anggraini, Public Relations GMTD, mengatakan,”Kami menggelar kegiatan donor darah ini secara rutin setiap tiga bulan sekali, untuk membantu memenuhi ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan,”

“Sebelum menjalani proses donor darah, para pendonor diwajibkan untuk melakukan screening kesehatan. Tahapan ini penting karena darah yang akan disumbangkan harus memenuhi standar kesehatan tertentu agar bisa digunakan dengan aman oleh penerima yang membutuhkannya,” tambahnya.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang, dengan total daftar pendonor sebanyak lebih 180 orang dan berhasil mengumpulkan 100 kantong darah. Tampak juga Eason Phan, COO PT GMTD Tbk, ikut serta mendonorkan darahnya. Beberapa dari pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagal dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah.

“Selain sebagai aksi sosial, donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan upaya ini juga untuk mendukung PMI meningkatkan persediaan kantong darah guna membantu sesama yang membutuhkan. Kegiatan ini sejalan dengan kerangka kerja grup Lippo untuk Indonesia PASTI, khususnya di pilar Tangguh,” tutup A. Eka Firman Ermawan, Associate Director PT GMTD Tbk.

Acara donor darah ini juga dikemas dengan santai, dengan menghadirkan hiburan live music akustik dan memberikan souvenir menarik sebagai ucapan terima kasih bagi yang berhasil mendonorkan darahnya. (*)