SD Islam Athirah 2 Gelar Munaqasyah Al-Qur’an Metode Ummi 2024

MAKASSAR,FILALIN.COM,–SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga menggelar kegiatan Munaqasyah Al-Qur’an Metode Ummi pada Rabu (8/5/2024). Kegiatan ini diikuti sebanyak 118 orang siswa yang bertempat di Perpustakaan.

 

Diketahui, munaqasyah merupakan tes tahap akhir untuk mengetahui penguasaan suatu jenjang di Metode Ummi. Adapun materi yang diujikan dalam kegiatan Munaqasyah ini yaitu Tartil Al-Qur’an, Hafalan Juz 29 dan Juz 30.

 

Ustadz Ahmad Nur Rahman, S.Ag. selaku Ketua Panitia mengatakan, sebelum munaqasyah ada namanya pra munaqasyah sebagai bentuk persiapan sekaligus seleksi siswa yang berhak mengikuti munaqasyah. Selain itu, diadakan juga karantina selama tiga hari jelang munaqasyah.

 

“Munaqasyah kali ini menggunakan penguji eksternal yang mana ini sudah menjadi peraturan dari Ummi Daerah (UMDA) bagi lembaga pengguna Metode Ummi pengujinya dari UMDA,” kata Ustadz Ahmad.

 

Senanda dengan Ustadz Ahmad, Ustadzah Sutriani Auliya, S.Kom selaku Manager Penjamin Mutu Ummi Daerah Makassar menjelaskan, sepuluh pilar mutu Metode Ummi salah satunya itu kontrol internal dan eksternal.

 

“Kontrol eskternal itu salah satunya dari UMDA atau Ummi Foundation (UF) untuk mengetahui seberapa besar capaian hasil. Olehnya itu, pengujinya dari eskternal karena sudah melewati standar Ummi seperti Training of Trainer (ToT),” jelasnya.

 

Sebagaimana terpantau di lokasi, kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Para peserta tampak bersemangat mengikuti munaqasyah hingga selesai.

 

[*/Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan, S.Pd.]